Wise Word

Rabu, 24 September 2008

Mengapa Tujuan Sangat Penting?


Pada hari yang sangat cerah, kaca pembesar yang terkuat pun tidak akan dapat membakar kertas jika kita terus menggerakkan kaca tersebut. Tetapi jika kita berfokus dan menahannya, maka kertas itu akan terbakar. Itulah kekuatan konsentrasi.

Seorang pria yang sedang berjalan-jalan, kemudian berhenti di sebuah persimpangan. Ia bertanya kepada seorang tua," Kemana jalan ini menuju?"

Orang tua itu menjawab," kemana Anda hendak pergi?" Orang itu menjawab," Saya tidak tahu." Orang tua itu berkata," Ambillah jalan mana saja. Adakah bedanya?

Alangkah tepat jawabannya. Bila kita tidak mengetahui kemana kita akan pergi, jalan manapun akan membawa kita ke sana.

Misalkan kita memiliki sebelas orang pemain sepak bola yang penuh antusias dan semuanya siap bertanding, dan kemudian ada seseorang yang membawa pergi tiang gawang. Apa yang terjadi dengan pertandingan itu ? Pertandingan itu akan bubar. Bagaimana kita bisa menciptakan angka? Bagaimana kita tahu jika sudah sampai tujuan? Antusiasme tanpa arah adalah seperti api yang liar dan akan menimbulkan frustasi. Tujuan akan menentukan arah.

Maukah kita duduk di atas kereta api atau di dalam pesawat terbang tanpa tahu kemana tujuannya ? Jawabannya tentu saja tidak. Kalau begitu mengapa orang menjalani hidup tanpa tujuan tertentu ?

Sumber: Disadur dari dari buku karangannya "Shiv Khera"

0 komentar: